Minggu, 24 September 2017

Contoh Penulisan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SUMEDANG (Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang)
Jln. Prabu Gajah Agung No. 09, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang
Laporan ini dibuat untuk memenuhi syarat salah satu tugas PRAKERIN





Oleh:
                                         Nama                        :  Asep Herdiana
                                         NIS                           :  0821039293
                                         Kelas                        : XII
                                         Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer & Jaringan

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI SITURAJA
Jalan Sawahmenak No. 23/47 Situraja – Sumedang smkpgri.situraja@yahoo.co.id
2017/2018  




LEMBAR PENGESAHAN



LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA SEKRETARIAT DAERAH (SETDA) KABUPATEN SUMEDANG
Jln. Prabu Gajah Agung No. 09, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang

Situraja, 23 September 2017

Disetujui Oleh:


                           Ketua Program Keahlian,                                                              Pembimbing,

                    

                      Ginanjar Kurnia Surya, S. Kom                                              Agus Sunarya, S. Kom                           NIP.                                                                                              NIP.                                                             

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK PGRI Situraja,



                                                 

                                                  Drs. Asep Dudung Suryana, M.M.Pd                                                  NIP. 19650525 199103 1 015




IDENTITAS SEKOLAH


Nama Sekolah       :   SMK PGRI Situraja
Alamat                  :   Jalan Sawahmenak No. 23/47 Situraja-Sumedang,
                                  Jawa Barat
Status Sekolah       :  Swasta (Terakreditasi B)
Email                     :  smkpgri.situraja@yahoo.co.id
Kepala Sekolah     :  Drs. Asep Dudung Suryana, M.M.Pd
NIP                        :  19650525 199103 1 015
Program Keahlian :

  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Teknik Sepeda Motor




IDENTITAS SISWA


Nama                           :  Asep Herdiana
Nomor Induk Siswa    :
Tempat/ Tgl. Lahir      :  Sumedang, 18 Maret 2000
Kelas                           :  XII (TKJ-1)
Kompetensi Keahlian  :  Teknik Komputer dan Jaringan
Sekolah                        :  SMK PGRI Situraja
Alamat                         :  Situraja
Telepon/HP                  :  +6283825972941
Pembimbing Sekolah   :  Agus Sunarya, S. Kom



IDENTITAS INSTANSI

Nama Instansi       : Sekretariat Daerah (SETDA) Sumedang
Alamat                  : Jalan Prabu Gajah Agung No. 09, Kelurahan Situ, Kecamatan
                                Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang
Status Instansi       : Pemerintahan
Email                     :
No. Telepon           : (0261) 201313 / (0261) 201606, 202001
Pimpinan               : Drs. H. Zaenal Alimin, M.M
Bidang Usaha        : Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang




KATA PENGANTAR

       Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga akhirnya saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dari hasil yang telah dilakukan dan dicapai selama mengikuti Proses Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Sumedang, Jln. Prabu Gajah Agung No. 09, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.
       Kegiatan PRAKERIN dilaksanakan selama 3 bulan dari tanggal 10 Juli 2017 sampai dengan 16 September 2017, saya banyak mendapatkan ilmu pengetahuan yang lain di dalam dunia industri dan usaha/instansi. Saya sebagai penyusun banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai.
       Sehubungan dengan terlaksananya PRAKERIN ini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan dari semua pihak secara moril maupun materil, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Kedua orang tua tercinta yang selalu memberikan motivasi selama Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
  2. Bapak Drs. H. Zaenal Alimin, M.M selaku pimpinan Instansi tempat dilaksanakannya PRAKERIN.
  3. Bapak Drs. Asep Dudung Suryana, M.M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK PGRI Situraja.
  4. Bapak Asep Nandra, S. Sos, M.Si selaku Pembimbing Lapangan.
  5. Bapak Asep Sunarya, S. Kom selaku Pembimbing Laporan PRAKERIN.
  6. Bapak Ginanjar Kurnia Surya, S. Kom selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK PGRI Situraja.
  7. Semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan laporan ini.
       Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan-kekurangan ataupun kesalahan, dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis.  Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati penulis akan menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kemajuan dalam pembuatan laporan selanjutnya.
       Semoga apa yang telah dilakukan penulis dalam laporan PRAKERIN ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Aamiin.

                                                                                               
                                                                                                            Situruja, 23 September 2017
                                                                                                     
                                                                                                                          Penulis






DAFTAR ISI



Halaman 
SAMPUL DALAM
HALAMAN PENGESAHAN
IDENTITAS SEKOLAH
IDENTITAS SISWA
IDENTITAS INSTANSI
KATA PENGANTAR …………….......………………..….…………................................………….. i
DAFTAR ISI ……………………….......………..............………..…………..............................……iii
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................................................. v
DAFTAR TABEL ................................................................................................................................ vi
DAFTAR LAMPIRAN ....................................................................................................................... vii
BAB   I    PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ……………………………………..……..........................................……….. 1
1.2 Maksud dan Tujuan ………………………………………............................................…...… 1
1.2.1 Maksud …………………………………………..……..........................................…… 2
1.2.2 Tujuan ……………………………………….………...........................................…….. 2
1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan …………………………............................................……… 4
1.3.1 Waktu Pelaksanaan …………………………………............................................…….. 4
1.3.2 Tempat Pelaksanaan ……………………………………............................................…. 5
1.4 Manfaat Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) …………….............................................…… 7
BAB   II    PROFILE INSTANSI
2.1 Sejarah Singkat Perusahaan ………………………………............................................…….. 9
2.2 Visi dan Misi Perusahaan …………………………………............................................…….. 9
2.2.1 Visi …………………………………………………...............................................….. 10
2.2.2 Misi ………………………………………………..…..........................................…… 10
2.3 Struktur Organisasi Perusahaan …………………...………..........................................……. 11

BAB III PEMBAHASAN
           3.1  Dasar Teori
                  3.1.1 Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang ................................................................ 12
                  3.1.2 Pengertian Praktek Kerja Industri ............................................................................ 12
                  3.1.3 Pengertian Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar ..................................... 14
           3.2  Materi Kegiatan Praktek Kerja Industri …………......………................................…….. 15
BAB IV    PENUTUP
       4.1 Kesimpulan ………………………....……….....…………….............................………... 17
          4.2 Saran ……………………….………………….....…………............................……….… 18
DAFTAR PUSTAKA ...........................................................................................................................19
LAMPIRAN-LAMPIRAN …………….…………….........……………............................………… 20






                                     BAB I                                         
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
       Setiap peserta didik lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) agar setiap peserta didik lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
       Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional, karena keahlian profesional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik. 
       Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggungjawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan peserta didik.

1.2 Maksud dan Tujuan
1.2.1 Maksud
       Pada umumnya, prakerin merupakan salah satu syarat tugas akhir kenaikan atau kelulusan siswa. Kegiatan ini memang sengaja dilakukan di akhir untuk menambah pengetahuan lebih sebelum berkecimpung dalam dunia kerja  yang sesungguhnya. Setelah mengikuti kegiatan prakerin, siswa diharapkan menjadi  
lebih terampil dan mendapat wawasaan yang lebih luas mengenai pandangan dalam dunia kerja, khususnya untuk menumbuhkan etos kerja yang tinggi dan sifat dewasa yang bisa lebih professional. Prakerin merupakan salah satu wadah bagi siswa agar lebih siap dan tidak kaget lagi ketika memasuki dunia kerja yang sesungguhnya dan semakin ketat persaingannya.
1.2.2 Tujuan 
       Adapun tujuan secara umum diadakannya kegiatan prakerin adalah sebagai berikut:

  • Menambah pengalaman atau wawasan siswa dalam dunia usaha.
  • Membentuk mental siswa menjadi pekerja keras.
  • Membentuk sifat dewasa yang profesional.
  • Meningkatkan etos kerja siswa.
  • Meningkatkan kreativitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja.
  • Memperkokoh antara proses pendidikan dan dunia kerja.

1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1.3.1 Waktu Pelaksanaan   : 10 Juli 2017 s/d 16 September 2017.
1.3.2 Tempat Pelaksanaan : Sekretariat Daerah Sumedang (SETDA) Installasi. Jln. Prabu Gajah                                                       Agung No. 09, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten                                                Sumedang.

1.4 Manfaat Praktek Kerja Industri (Prakerin)
        Adanya manfaat Praktek Kerja Industri antara lain:
1) Menambah wawasan pada peserta didik.
2) Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga         instansi lainnya.
3) Mendapatkan pengalaman untuk bekal pada saat bekerja nantinya.
4) Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak                         perusahaan.




BAB II 
PROFILE INSTANSI


   2.1 Sejarah Singkat SETDA Kabupaten Sumedang
       Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam lingkungan Jawa Barat (Berita Negara Tanggal 8 Agustus 1950), bahwa Kabupaten Sumedang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di dalam lingkungan Jawa Barat.
       Sekretariat Daerah merupakan salah satu bagian Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang berkedudukan sebagai unsur tetap pemerintah dan bertanggung jawab kepada Bupati Sumedang.
          
          2.2 Visi dan Misi SETDA Kabupaten Sumedang
  2.2.1 Visi
       Visi adalah suatu pandangan jauh tentang instansi, tujuan-tujuan instansi, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.
       Visi Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2014 – 2019 adalah: 
“Terwujudnya Sekretariat Daerah yang profesional, transparan dan akuntable dalam kerangka reformasi birokrasi guna mewujudkan Sumedang yang sejahtera, nyunda, maju, mandiri dan agamis 2018”
           
           2.2.2 Misi 
       Misi adalah tindakan untuk mewujudkan atau merealisasikan visi. Dalam merumuskan misi harus mempertimbangkan dan menganalisis tugas pokok sekolah dan kelompok-kelompok yang berkepentingan, melalui bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi sekolah dengan berbagai  
indikatornya. Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas.
       Untuk misi SETDA Kabupaten Sumedang Tahun 2014 – 2018 yaitu:
1) Mewujudkan penyelenggaraan tata kelola pemerintah yang efektif, transparan, dan akuntable.
2) Meningkatkan sinergitas dan kualitas perumusan kebijakan, fasilitasi, koordinasi dan                           pengendalian pelaksanaan pembangunan daerah.
3) Mewujudkan aparatur pemerintah daerah yang profesional dan kompeten dalam                                   penyelenggaraan pemerintah daerah.


        2.3 Struktur Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang



BAB III
PEMBAHASAN



3.1  Dasar Teori
3.1.1 Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang
       Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Sumedang merupakan suatu instansi pemerintahan yang berperan sebagai tata kelola pemerintah. Sebagian fungsi diantaranya adalah perumusan kebijakan, fasilitasi, koordinasi dan pengendalian pelaksanaan pembangunan daerah.

3.1.2 Praktik Kerja Industri
       Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan kualitas peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) peserta didik sesuai bidangnya masing-masing.
       Berkaitan dengan itu dalam kegiatan PRAKERIN yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, dimulai dari tanggal 10 Juli 2017 sampai dengan 16 September 2017 pada Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Sumedang. Banyak hal dan pengalaman yang saya dapatkan. Sesuai dengan tugas/bagian kerja saya di bagian Administrasi, yang saya kerjakan yaitu pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar saya lakukan setiap harinya selama praktik kerja industri dilaksanakan. Di bawah ini adalah jadwal kegiatan praktik kerja industri yang dilaksanakan secara rutin per minggunya.


Tabel 3.1
Jadwal Kegiatan Praktek Kerja Industri

Hari Waktu                                Kegiatan
Mulai Selesai
Senin 07:00 16:00                                                
  • Menerima surat masuk
  • Penyortiran surat masuk
  • Mencatat dan mengagendakan surat masuk
  • Pengarahan dan penerusan
  • Penyampaian surat 
Selasa 07:00 16:00

  • Menerima surat masuk
  • Penyortiran surat masuk
  • Mencatat dan mengagendakan surat masuk
  • Pengarahan dan penerusan
  • Penyampaian surat

Rabu 07:00 16:00

  • Menerima surat masuk
  • Penyortiran surat masuk
  • Mencatat dan mengagendakan surat masuk
  • Pengarahan dan penerusan
  • Penyampaian surat 

Kamis 07:00 16:00

  • Menerima surat masuk
  • Penyortiran surat masuk
  • Mencatat dan mengagendakan surat masuk
  • Pengarahan dan penerusan
  • Penyampaian surat

Jum’at 07:00 16:00

  • Menerima surat masuk
  • Penyortiran surat masuk
  • Mencatat dan mengagendakan surat masuk
  • Pengarahan dan penerusan
  • Penyampaian surat 


3.1.3 Pengertian Pengelolaan
      
       Kata “Pengelolaan” dapat disamakan dengan manajemen, yang berarti pula pengaturan atau pengurusan (Suharsimi Arikunto, 1993: 31). Banyak orang yang mengartikan manajemen sebagai pengaturan, pengelolaan, dan pengadministrasian, dan memang itulah pengertian yang populer saat ini. pengelolaan diartikan sebagai suatu rangkaian pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk melakukan serangkaian kerja dalam mencapai tujuan tertentu.

3.1.4 Pengertian Surat Masuk
       Surat masuk adalah semua tulisan dinas atau surat pribadi yang diterima instansi/pihak lain untuk disampaikan kepada pejabat yang tercantum pada alamat, baik yang tercantum pada sampul maupun pada tulisan dinas itu sendiri. Untuk memudahkan pengawasan dan pengendaliannya, penerimaan surat masuk hendaknya dipusatkan di sekretariat atau di bagian lain yang diberi wewenang melaksanakan tugas tersebut.

3.1.5 Langkah-langkah Menangani Surat Masuk
1) Disposisi
2) Mengagendakan
3) Periksa oleh kepala instansi
4) Menyortir
5) Arsip

3.2  Proses Kegiatan Praktek Kerja Industri
3.2.1 Peralatan Pengelolaan Surat Masuk
  1. Baki surat (tray). Alat ini berguna sebagai tempat dari berkas surat yang ada.
  2. Buku agenda surat masuk. Buku ini harus disediakan jika penanganannya menggunakan sistem buku agenda.
  3. Kartu kendali, lembar pengantar surat masuk, lembar pengantar surat rahasia. Peralatan ini harus disediakan jika pengurusan surat menggunakan sistem kartu kendali. Digunakan untuk mencatat data surat yang masuk.
  4. Secretaries desk file. Kumpulan map dengan kode jenis klasifikasi pekerjaan sesuai dengan kelompok berkas yang ditanganinya.
  5. Alat tulis. Pulpen, pensil, penggaris, kertas catatan, stapler dan penjepit kertas.
  6. Kertas dan amplop. Kertas dengan kop surat atau kertas polos dan amplop.
  7. Alat pembuka surat. Pisau, gunting atau yang elektrik dengan mesin pembuka surat.
  8. Stempel. Stempel tanggal terima dan stempel instansi.
  9. Formulir tanda terima/buku ekspedisi. Formulir tanda terima digunakan pada pola desentralisasi dan buku ekspedisi digunakan pada pola sentralisasi.
  10. Lembar disposisi. Untuk mencatat transaksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut, lembar ini digunakan pada pola sentralisasi.

3.2.2 Tatacara Pengelolaan Surat Masuk
       Setelah menerima surat masuk dari instansi luar maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyerahkan surat masuk itu pada bagian tata usaha atau sekretariat. Setelah surat-surat itu diterima oleh Bagian Penerimaan Surat, selanjutnya surat itu diadakan pengelolaan sebagai berikut:
1) Penyortiran Surat
       Langkah yang pertama-tama dilakukan oleh Bagian Penerimaan Surat adalah memilah-milahkan surat. Surat dapat dipilah berdasarkan:
a) Unit Organisasi. Surat-surat dikelompokkan menurut tujuan surat, yaitu kepada pimpinan dan kepada unit organisasi dimana surat itu ditujukan.
b) Macamnya. Surat-surat dikelompokkan menurut kelompok surat dinas, wesel, giro, surat pribadi, surat tercatat, dan sebagainya.
c) Kalsifikasinya. Pemilahan selanjutnya, terutama surat-surat dinas dikelompokkan menurut surat kilat/sangat segera (harus diterima dalam waktu 1 x 24 jam), surat segera (diterima maksimal 2 x 24 jam), dan biasa (maksimal lima hari harus diterima).
d) Kualifikasinya. Selanjutnya surat dikelompokkan menurut surat sangat rahasia (kode SR = membahayakan keselamatan negara), surat rahasia (kode R = menimbulkan kerugian negara), surat terbatas/konfidensial (kode K = hanya diketahui pejabat tertentu), surat biasa (kode B).
e) Urgensinya. Surat-surat dikelompokkan teleks, faksimile, telegram, radiogram, surat kawat. Pengelompokkan semacam ini maksudnya untuk membantu memudahkan dalam penanganan selanjutnya; yaitu selain dapat diketahui ke mana surat itu harus disampaikan, tapi juga dapat diketahui surat-surat yang penyampaiannya harus didahulukan.
2) Pembukaan Sampul
       Setelah surat-surat itu dipilah-pilahkan seperti di atas, selanjutnya dilakukan pembukaan sampul. Semua surat-surat yang bersampul dibuka dengan teliti kecuali surat-surat rahasia dan surat-surat pribadi.
3) Mengeluarkan Surat Dari Sampul
       Langkah berikutnya yaitu mengeluarkan surat dari masing-masing sampulnya yang telah dibuka. Mengeluarkan surat dari dalam sampulnya harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai surat itu terkoyak atau robek karena ada kemungkinan surat itu masih menyangkut ke sampulnya.
4) Pembacaan Surat
       Surat-surat yang telah dikeluarkan dari sampulnya, kemudian dibaca dan diteliti apakah surat-surat tersebut ada alamat dalamnya atau tidak, apakah surat-surat itu ditujukan kepada pimpinan atau langsung kepada pejabat/unit yang menangani masalahnya, apakah surat-surat itu ada lampirannya atau tidak, apakah surat itu terdiri dari satu lembar atau lebih dan penelitian lain-lain yang ada kaitannya dengan surat tersebut.
5) Pencatatan Surat
       Surat yang sudah diolah seperti tersebut di atas, selanjutnya dicatat dalam buku agenda menurut klasifikasi dan kualifikasi masing-masing surat. Di bawah ini contoh kolom dalam buku agenda surat masuk.
Tanggal Penerimaan Surat Masuk
Nomor Urut Agenda
Tanggal dan Nomor Kode Surat Masuk
Alamat Pengirim
Hal
Lampiran
Isi Disposisi
Ket.
       Pencatatan surat sangat diperlukan untuk mempermudah pengendalian surat-surat tersebut. pencatatan surat masuk pada buku agenda dimulai dari nomor 1 pada bulan Januari dan berakhir nomor terakhir dalam satu tahun, yaitu nomor terakhir pada tanggal 31 Desember. Pencatatan surat masuk selalu dilakukan pada setiap terjadi pemindahan dan penyimpanan.
6) Pembagian Surat
       Setelah surat-surat dicatat dalam buku agenda atau Kartu Kendali seperti tersebut di atas, kemudian surat-surat itu dikirim kepada pihak yang dituju oleh surat-surat tersebut. surat untuk pimpinan disampaikan kepada sekretaris pimpinan dan surat-surat untuk pejabat-pejabat/unit yang dimaksudkan oleh surat, disampaikan kepada petugas atau sekretaris pejabat yang bersangkutan.
       Untuk pengiriman, dilakukan lagi pencatatan dengan menggunakan buku pengiriman/buku ekspedisi. Petugas/sekretaris pimpinan yang menerima surat harus membubuhkan tanda terima pada buku ekspedisi.

3.2.3 Prosedur Pengelolaan Surat Masuk
       Prosedur pengelolaan surat masuk yang baik hendaknya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Penerimaan 
       Tugas penerimaan adalah :
Mengumpulkan dan menghitung jumlah surat yang masuk.
Meneliti ketepatan alamat si pengirim surat.
Menggolongkan surat sesuai dengan urgensi penyelesaian.
Menandatangani bukti pengiriman sebagai tanda bahwa surat telah diterima.
2) Penyortiran 
       Penyortiran dapat dilakukan berdasarkan atas golongan surat biasa, rutin, dan rahasia. Penyortiran adalah kegiatan memisah-misahkan surat untuk pengolahan lebih lanjut.
3) Pencatatan
       Setelah surat dicatat distempel (cap) serta memeriksa ketepatan jenis ataupun jumlah lampiran yang harus diterima maka langkah berikutnya adalah melakukan pencatatan.
4) Mengagendakan Surat Masuk
       Mengagendakan surat masuk adalah kegiatan mencatat surat masuk dan surat keluar ke dalam buku agenda (buku harian). Buku ini bisa disebut Buku Agenda Surat Masuk (Daily Mail Record). Petugasnya dinamakan agendaris (mail clerk). Setiap surat masuk dicatat dan diberi nomor agenda surat masuk.
5) Pengarahan dan Penerusan
       Surat-surat yang perlu diproses lebih lanjut, harus diarahkan dan diteruskan kepada pejabat yang berhak mengolahnya.
6) Penyampaian Surat
       Penyampaian surat dilakukan oleh petugas pengarah atau ekspedisi yang dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Surat yang sudah berdisposisi terlebih dahulu dicatat dalam buku Ekspedisi Intern.
Menyampaikan surat terlebih dahulu melalui buku ekspedisi kepada pejabat yang bersangkutan.
Petugas pengarah atau ekspedisi mengembalikannya kepada urusan agenda untuk dicatat dalam buku pengarahan.
7) Penyimpanan Berkas atau Arsip Surat Masuk

       Penyimpanan berkas atau arsip surat dari pimpinan dilakukan oleh unit pengolah dengan mempergunakan metode kearsipan yang berlaku untuk kantor tersebut. (Ating Tedjasutisna, dkk, 2000: 167).




BAB IV
 PENUTUP

4.1 Kesimpulan
       Selama melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Sumedang, penulis mengambil beberapa kesimpulan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dengan diadakannya program Prakerin ini, peserta didik dapat menambah wawasan maupun     ilmu pengetahuan dan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik.
  2. Peserta didik mendapatkan banyak manfaat, baik itu pengalaman, pengetahuan, dan semua yang terkait dalam dunia kerja. Sehingga dapat menambah wawasan yang peserta didik dapatkan selama ini, karena hanya dengan praktek peserta didik bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang sudah peserta didik dapat di sekolah. Sehingga suatu saat nanti jika peserta didik memasuki dunia kerja tidak akan ragu melakukannya, karena sebelumnya sudah     mempunyai pengalaman yang baik.
  3. Peserta didik dapat mengetahui yang sebenarnya atas hasil yang diperoleh dari sekolah, serta     memperoleh pengetahuan tentang teori-teori, praktek dan bahan-bahan atau benda yang belum   pernah dipelajari di sekolah.
  4. Dapat memahami konsep-konsep non-akademis dan non-teknis di dunia kerja, seperti menjaga hubungan atasan dengan bawahan, menjaga hubungan relasi dan sebagainya. 
  5. Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) peserta didik akan dibantu oleh           pembimbing. Pembimbing yang berasal dari sekolah dan tempat Prakerin. Pembimbing sekolah akan memberikan kita dorongan atau motivasi agar melakukan kegiatan Prakerin dengan baik   dan lancar. 


        4.2 Saran
       Pada akhir bagian dari laporan Praktek Kerja Industri ini, saya akan menyampaikan saran-saran, baik untuk pihak sekolah maupun bagi pihak instansi perusahaan tentang pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
        • Untuk Perusahaan

  1. Diharapkan agar kerja sama antara sekolah dengan perusahaan lebih ditingkatkan dengan       banyak memberi peluang kepada semua peserta didik SMK untuk Praktek Kerja Industri         (PRAKERIN).
  2. Untuk para karyawan lebih ditingkatkan lagi motivasi dan kedisiplinannya dalam bekerja.
  3. Hubungan karyawan dengan para peserta didik Prakerin diharapkan selalu terjaga                   keharmonisannya agar dapat tercipta suasana kerjasama yang baik.
        • Untuk Sekolah

  1. Bagi semua peserta didik yang melakukan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) saran yang paling penting adalah menjaga nama baik sekolah di mana perusahaan tempat                 dilaksanakannya kegiatan Praktek Kerja Industri dan mematuhi peraturan yang ada di perusahaan.
  2. Bagi sekolah sebaiknya peserta didik yang akan diterjunkan ke perusahaan untuk mengikuti     PRAKERIN dibekali terlebih dahulu mengenai pekerjaan yang akan dilakukan dalam perusahaan, sehingga peserta didik PRAKERIN merasa siap baik secara mental maupun fisiknya.
  3. Pemantauan terhadap peserta didik yang sedang melaksanakan Prakerin maupun yang baru akan melaksanakan Prakerin agar lebih ditingkatkan lagi untuk meyakinkan pihak perusahaan terhadap program PRAKERIN ini.
  4. Dalam pembekalan materi, fisik maupun mental agar lebih ditingkatkan lagi terutama untuk     pembinaan mental peserta didik Prakerin.


DAFTAR PUSTAKA




LAMPIRAN – LAMPIRAN

Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengatasi Android Yang Tidak Bisa Konek Ke Internet

Tidak Bisa Connect Internet Di Android
       Apakah anda sekarang sedang mengalami permasalahan tidak bisa connect ke internet di android dan sekarang lagi mencari solusi agar android anda dapat connect ke internet? Koneksi internet error di android merupakan salah satu masalah yang sering kali dihadapi oleh pengguna smartphone yang berbasis android tidak peduli itu smartphone android keluaran dari pendor manapun. Baik itu dari pendor ternama maupun dari pendor yang belum ternama sekalipun pengguna pasti pernah mengalami kendala tidak bisa terkoneksi atau tidak dapat mengakses internet pada perangkat smartphone android anda.
       Jika anda yang mengalami hal tersebut pasti akan merasa jengkel dan terganggu, jadi bagaimana solusinya jika tidak bisa konek ke internet di android? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda dalam mengatasi masalah internet error di android.
       Solusi tidak bisa connect internet di android yang wajib anda coba.
1. Aktifkan koneksi data internet.
       Pastikan koneksi data di ponsel android anda sudah diaktifkan, untuk mengakses internet pengguna smartphone android baik itu berbasis tablet harus mengaktifkan koneksi data untuk dapat mengakses internet. Cara mengaktifkan koneksi data di android dapat dilakukan dengan cara masuk ke Menu Setting/Setelan >>Wireless and Network >>Mobile Network >>Lalu centang “Use Packet Data”.
2. Atur waktu dan tanggal.
       Pastikan pengaturan waktu dan tanggal di smartphone android anda sudah benar atau pada pengaturan tanggal setting ke otomatis. Karena pengaturan tanggal dan waktu sangat berpengaruh untuk dapat mengakses internet, jika pengaturan waktu dan tanggal di smartphone android anda tidak benar, maka sudah dapat dipastikan permasalahan tidak bisa konek ke internet terdapat pada pengaturan waktu dan tanggal.
3. Setting APN
       Pastikan setting APN di android anda sudah benar dan sudah sesuai dengan operator yang anda pakai. Masuk ke menu Setting/Setelan >>Wireless and Network >>Mobile Network >>Access Point Name dan pastikan anda memilih APN yang sesuai dengan operator yang anda gunakan.
4. Matikan atau Restart android anda.
       Langkah selanjutnya jika android anda masih belum bisa konek ke internet adalah dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali smartphone android anda atau dengan cara Restart smartphone android yang anda gunakan.
5. Factory Reset atau kembali ke pengaturan pabrik.
       Jika semua cara di atas sudah anda lakukan dengan benar. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Factory Reset atau mengembalikan data ke pengaturan Pabrik. Cara ini sangat ampuh dalam melakukan perbaikan dari kesalahan oleh pengguna seperti tidak bisa konek ke internet di android yang disebabkana oleh pengguna. Factory Reset dapat anda lakukan dengan cara masuk ke menu Aplikasi >>Pengaturan >>Cadangkan dan Reset >>Reset Data Pabrik >> terakhir pilih Reset Perangkat.
6. Upgrade OS Android dengan OS (Operating System) firmware baru.
       Solusi terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan upgrade OS (Operating System) android dengan firmware baru. Dengan melakukan upgrade OS di android, android anda akan memiliki OS baru. Ini merupakan solusi terakhir dan pasti berhassil jika permasalahan bukan dari operator seluler yang anda gunakan.
       Demikianlah tips yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, lain waktu saya akan kembali dengan tema yang lain seputar android. Sekian dan terima kasih. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Selamat mencoba dan semoga sukses..!!

Flashing Advan Vandroid S5E New

Flashing Atau Install Ulang Advan S5E 
       Setelah sukses flash advan S5E dengan mudah. Disini saya akan berbagi tutorial flash advan S5E buat pengguna yang mengalami advan S5E bootloop, mengalami kerusaakan pada software dan harus dilakukan flash software atau advan S5E sudah dilakukan hardreset tetapi tetap masih mengalami gangguan pada software.
       Sebelum melakukan flash di advan S5E, silahkan download file dan firmware yang dibutuhkan untuk melakukan proses flash. Software Advan S5E ini dapat didownload secara gratis.
1. Download firmware Advan S5E B2 K1 V0.4 S20131212 Z23 S2-K1-J.B4.2.2-G
2. Download SP flash tool Windows v5.1444.00.000
3. Download Driver MT6577 USB VCOM Drivers
       Tutorial Flash Advan S5E Dengan Mudah
Jika sudah didownload, install driver MT6577 USB VCOM drivers di komputer/laptop Windows
Buka SP Flash Tool yang sudah diekstrack. Klik pada menu Scatter Loading, kemudian cari dan pilih MT6572_Android_scatter.txt dari folder stock-ROM


Klik “Download”

Advan S5E dalam keadaan mati dan battery terpasang. Jika driver telah terinstall dengan benar maka Advan S5E anda secara otomatis akan tersambung ke komputer/laptop.
Proses flashing akan berjalan ditandai dengan bar bagian bawah SP Flash Tool berwarna kuning hingga 100%.

Jika proses flashing sudah selesai ditandai dengan adanya konfirmasi Ceklis berwarna hijau. (Lihat gambar di bawah).


Jika sudah selesai, Cabut kabel USB dari komputer dan advan S5E.
Lakukan hardreset pada advan yang baru saja selesai di flashing tadi. Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Power+Volume-Up. Sampai muncul gambar robot android. Lakukan untuk memasukan perintah dengan menekan tombol power 1x. gunakan tombol volume-down untuk navigasi pilihan.
Jika masih terjadi bootloop, setelah diflashing. Sebaiknya cari stock-ROM lain yang paling cocok dengan build number advan S5E anda.
Beberapa permasalahan saat melakukan flashing advan S5E:
1. PMT changed for the ROM; it must be downloaded
Saat melakukan flash muncul peringatan PMT changed for the ROM; it must be downloaded. Untuk mengatasi ini silahkan ganti Opsi Download I Only menjadi Firmware Upgrade.
2. Setelah flash advan S5E malah mati total
Setelah melakukan flash advan S5E malah mati total. Permasalahan ini bisa terjadi karena Build No; firmware advan S5E yang anda gunakan berbeda dengan Build No: yang ada di bawah battery Advan S5E anda. maka carilah firmware S5E dengan build no: yang sama.
3. Advan S5E IMEI tidak valid
Setelah proses flash advan S5E berhasil dan saat dinyalakan advan S5E tidak mendapatkan jaringan atau sinyal. Silahkan cek IMEI advan S5E dengan cara *#06#. Jika advan mengalami IMEI tidak valid silahkan cari tutorial tentang mengatasi advan S5E IMEI tidak valid.
       Sekian dan terima kasih..!!

Selasa, 10 Januari 2017

Cupi Cupita - Goyang Bikin Basah

Assalamu'alaikum. Bagaimana kabarnya sobat-sobatku semuanya?
Pada kesempatan ini saya akan berbagi lagu atau file MP3 dari album Cupi Cupita, sebagaimana sobat-sobat tahu bahwa Cupi Cupita dikenal sebagai penyanyi yang bertumbuh sexy & goyangannya yang membuat basah. Baiklah bagi sobat-sobat yang tertarik dengan lagunya silahkan download di bawah ini.

Goyang Basah - Cupi Cupita

Detak Jantungku - Cupi Cupita

Punya Abang - Cupi Cupita

Melayang Gue - Cupi Cupita

Si Madu - Cupi Cupita

Janda 7 Kali - Cupi Cupita

Malam Ini - Cupi Cupita

Lagu Galau - Lovina AG
DOWNLOAD

       Demikianlah lagu atau file MP3 dari album Cupi Cupita yang dapat saya bagikan. Semoga dapat menghibur sobat-sobat semuanya. Sekian dan terima kasih..!!



Minggu, 08 Januari 2017

Pecahan Rupiah Baru

Ada Pesan Khusus pada Pecahan Rupiah Baru


       Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyebutkan lima pesan utama pada setiap lembar uang rupiah. Hal itu diungkapkan dalam acara peluncuran satu seri uang rupiah Tahun Edisi 2016.
       Pesan pertama, Agus menjelaskan, dalam setiap penerbitan rupiah terkandung amanat Undang Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. 
       Kedua, penerbitan ini diselaraskan dengan makna undang undang yakni frasa kesatuan Indonesia yang mempunyai makna dan filosofi bahwa rupiah adalah simbol negara Indonesia. “Dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI yang sejalan dengan nasionalisme,” kata Agus dalam sambutannya, di Bank Indonesia, Jakarta, Senin, 19 Desember 2016. Karena itu, siapapun yang menyalahgunakan rupiah akan dikenai sanksi.
       Ketiga, Agus menambahkan, Bank Indonesia akan berupaya memenuhi kebutuhan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia, baik di perkotaan atau di perdesaan. Atau wilayah pedalaman sekalipun.”
       Agus meminta masyarakat menjaga kualitas rupiah dengan baik. “Karena menjaga rupiah sama dengan menjaga kedaulatan NKRI.” Selain itu, menurut Agus, pencantuman gambar pahlawan dalam pecahan rupiah merupakan salah satu bentuk penghargaan negara terhadap pahlawan serta kekayaan alam Indonesia.

Kamis, 27 Oktober 2016

PENGELOLAAN KELAS DALAM STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

ASPEK ASPEK PENGELOLAAN KELAS

Disusun Untuk Memenuhi Tugas “Penulisan Makalah” Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar




Disusun Oleh:
Nama: Asep Herdiana
NIM: 0821039293

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN, DAN REKREASI 
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) 
SEBELAS APRIL SUMEDANG 
2012



ASPEK-ASPEK PENGELOLAAN KELAS

BAB I 
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
       Dalam proses pembelajaran bahwa penguasaan pengetahuan dan keterampilan hidup yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi kehidupan real adalah merupakan tujuan pendidikan. Tetapi dalam proses pembelajaran dalam kelas bagaimana siswa dapat memahami dan menguasai bahan ajar secara tuntas masih merupakan masalah yang sulit.
       Hal tersebut dikarenakan dalam satu kelas para siswa adalah merupakan makhluk sosial yang mempunyai latar belakang yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari kecerdasan, aspek psikologis dan biologis. Dari perbedaan tersebut dapat menimbulkan beragamnya sikap dan anak didik di dalam kelas.
       Menjadi tugas guru bagaimana menjadikan keanekaragaman karakteristik siswa tersebut dapat diatasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hal itu merupakan tugas guru dalam mengelola kelas dengan baik. Keterampilan guru dalam proses pembelajaran tidak hanya tertuang dalam penguasaan bahan ajar atau penggunaan metode pembelajaran, tetapi proses pembelajaran yang baik akan dipengaruhi pula oleh iklim belajar yang kondusif atau maksimal berkaitan dengan pangaturan orang (siswa) dan barang.
       Banyaknya keluhan guru karena sukarnya mengelola kelas sehingga tujuan pembelajaran sukar untuk dicapai. Hal ini kiranya tidak perlu terjadi apabila ada usaha yang dapat dilakukan oleh guru dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif dan maksimal. Misalnya penataan ruang kelas berupa pengaturan atau penataan tempat duduk yang sesuai dengan kegiatan yang sedang berlangsung.
       Pengelolaan kelas yang baik akan melahirkan interaksi belajar mengajar yang baik pula. Tujuan pembelajaran pun dapat dicapai tanpa menemukan kendala yang berarti. Dengan tercapainya tujuan pembelajaran, maka dapat dikatakan bahwa guru telah berhasil dalam mengajar. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar dapat diketahui setelah diadakan evaluasi dengan seperangkat item soal yang sesuai dengan rumusan tujuan pembelajaran.
       Dari permasalahan tersebut maka kiranya perlu bagi guru atau calon pengajar mengetahui dan memahami tentang pengelolaan kelas, salah satunya yaitu pengaturan ruangan kelas berupa penataan tempat duduk siswa.

1.2 Tujuan Penulisan
       Dari pemaparan di atas maka yang menjadi tujuan penulisan makalah ini adalah:
1) Untuk memperoleh gambaran tentang apa itu pengelolaan kelas.
2) Untuk memperoleh gambaran tentang penataan tempat duduk siswa sebagai bentuk dari pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran dan pendidikan.

1.3 Manfaat Penulisan
       Adapun manfaat dari penulisan makalah ini yaitu dapat menambah wawasan bagi guru dan mahasiswa keguruan tentang pengelolaan kelas, dan bagaimana penataan tempat duduk siswa sebagai bentuk dari pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru.

BAB II 
PENATAAN TEMPAT DUDUK SISWA SEBAGAI BENTUK PENGELOLAAN KELAS

2.1  Pengertian Pengelolaan Kelas
       Menurut Winataputra (2003), mengatakan bahwa pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan guru yang ditujukan untuk mendorong munculnya tingkah laku siswa yang diharapkan dan menghilangkan tingkah laku siswa yang tidak diharapkan, menciptakan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio emosional yang positif, serta menciptakan dan memelihara organisasi kelas yang produktif dan efektif.
       Akhmad Sudrajat menyatakan bahwa: “Pengelolaan kelas lebih berkaitan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar (pembinaan rapport, penghentian prilaku peserta didik yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian ganjaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu, penetapan norma kelompok yang produktif), di dalamnya mencakup pengaturan orang (peserta didik) dan fasilitas”.
       Dan menurut Winzer (Winataputra, 1003: 9.9) menyatakan bahwa pengelolaan kelas adalah cara-cara yang tempuh guru dalam menciptakan lingkungan kelas agar tidak terjadi kekacauan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencapai tujuan akademis dan sosial.
       Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru yang ditujukan untuk menciptakan kondisi kelas yang memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran yang kondusif dan maksimal. Pengelolaan kelas ditekankan pada aspek pengaturan (manajemen) lingkungan pembelajaran yaitu berkaitan dengan pengaturan orang (siswa) dan barang/fasilitas.
       Kegiatan guru tersebut dapat berupa pengaturan kondisi dan fasilitas yang ada di dalam kelas yang diperlukan dalam proses pembelajaran diantaranya tempat duduk, perlengkapan dan bahan ajar, lingkungan kelas (cahaya, temperatur udara, ventilasi), dan lain-lain.

2.2  Penataan Ruang Kelas
       Pembelajaran yang efektif dapat bermula dari iklim kelas yang dapat menciptakan suasana belajar yang menggairahkan, untuk itu perlu diperhatikan pengaturan/penataan ruang kelas dan isinya, selama proses pembelajaran. Lingkungan kelas perlu ditata dengan baik sehingga memungkinkan terjadinya interaksi yang aktif antara siswa dengan guru, dan antar siswa. Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan oleh guru dalam menata lingkungan fisik kelas menurut Loisell (Winataputra, 2003) yaitu:
  1. Visibility (keleluasaan pandangan). Visibility artinya penempatan dan penataan barang-barang di dalam kelas tidak mengganggu pandangan siswa, sehingga siswa secara leluasa dapat memandang guru, benda atau kegiatan yang sedang berlangsung. Begitu pula guru harus dapat memandang semua siswa dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Accesibility (mudah dicapai). Penataan ruang harus dapat memudahkan siswa untuk meraih atau mengambil barang-barang yang dibutuhkan selama proses pembelajaran. Selain itu jarak antar tempat duduk harus cukup untuk dilalui oleh siswa sehingga siswa dapat bergerak dengan mudah dan tidak mengganggu siswa lain yang sedang bekerja.
  3. Fleksibilitas (keluwesan). Barang-barang di dalam kelas hendaknya mudah ditata dan dipindahkan yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Seperti penataan tempat duduk yang perlu dirubah jika proses pembelajaran menggunakan metode diskusi, dan kerja kelompok.
  4. Kenyaman. Kenyamanan disini berkenaan dengan temperatur ruangan, cahaya, suara, dan kepadatan kelas.
  5. Keindahan. Prinsip keindahan ini berkenaan dengan usaha guru menata ruang kelas yang menyenangkan dan kondusif bagi kegiatan belajar. Ruangan kelas yang indah dan menyenangkan dapat berpengaruh positif pada sikap dan tingkah laku siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

       Penyusunan dan pengaturan ruang belajar hendaknya memungkinkan anak didik berkelompok dan memudahkan guru bergerak secara leluasa untuk membantu dan memantau tingkah laku siswa dalam belajar. Dalam pengaturan ruang belajar, hal-hal berikut perlu diperhatikan menurut Conny Semawan, dkk. Yaitu:
       Ukuran bentuk kelas, bentuk serta ukuran bangku dan meja, jumlah siswa dalam kelas, jumlah siswa dalam setiap kelompok, jumlah kelompok dalam kelas, komposisi siswa dalam kelompok (seperti siswa yang pandai dan kurang pandai, pria dan wanita). Berkaitan dengan penataan ruang kelas belajar maka pada penulisan makalah ini hanya berkaitan dengan pengelolaan kelas berupa penempatan tempat duduk siswa saja.

2.3  Tempat Duduk Siswa.
       Tempat duduk merupakan fasilitas atau barang yang diperlukan siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam proses belajar di kelas di sekolah formal. Tempat duduk dapat mempengaruhi proses pembelajaran siswa, bila tempat duduknya bagus, tidak terlalu rendah, tidak terlalu besar, bundar, empat persegi panjang, sesuai dengan keadaan tubuh siswa. Maka siswa akan merasa nyaman dan dapat belajar dengan tenang.
       Sebaiknya tempat duduk siswa itu mudah diubah-ubah formasinya yang disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran. Untuk ukuran tempat duduk pun sebaiknya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil sehingga mudah untuk diubah-ubah dan juga harus disesuaikan dengan bentuk ukuran kelas.
       Sebenarnya banyak macam posisi tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas seperti berjejer ke belakang, bentuk setengah lingkaran, berhadapan, dan sebagainya. Biasanya posisi tempat duduk berjejer ke belakang digunakan dalam kelas dengan metode belajar ceramah. Dan untuk metode diskusi dapat menggunakan posisi setengah lingkaran atau berhadapan. 
       Dan sebagai alternatif penataan tempat duduk dengan metode kerja kelompok atau bahkan bentuk pembelajaran kooperatif, maka menurut Lie (2007: 52) ada beberapa model penataan bangku yang biasa digunakan dalam pembelajaran kooperatif, diantaranya seperti:
  1. Meja tapal kuda, siswa berkelompok di ujung meja. Penataan tapal kuda, siswa dalam satu kelompok ditempatkan berdekatan. 
  2. Meja panjang meja kelompok, siswa dalam satu kelompok ditempatkan berdekatan.
  3. Meja berbaris, dua kelompok duduk berbagi satu meja. Dan masih ada beberapa bentuk posisi tempat duduk yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kooperatif ini.

       Dalam memilih desain penataan tempat duduk perlu memperhatikan jumlah siswa dalam satu kelas, yang akan disesuaikan pula dengan metode yang akan digunakan. Hal yang tidak boleh kita lupakan bahwa dalam penataan tempat duduk siswa tersebut guru tidak hanya menyesuaikan dengan metode pembelajaran yang digunakan saja. Tetapi seorang guru perlu mempertimbangkan karakteristik individu siswa, baik dilihat dari aspek kecerdasan, psikologis, dan biologis siswa itu sendiri. Hal ini penting karena guru perlu menyusun atau menata tempat duduk yang dapat memberikan suasana yang nyaman bagi para siswa.
       Menurut Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, melihat siswa sebagai individu dengan segala perbedaan dan persamaannya yang pada intinya mencakup ketiga aspek di atas. Persamaan dan perbedaan yang dimaksud adalah:
Persamaan dan perbedaan dalam kecerdasan (intelegensi).
Persamaan dan perbedaan dalam kecakapan.
Persamaan dan perbedaan dalam hasil belajar.
Persamaan dan perbedaan dalam bakat.
Persamaan dan perbedaan dalam sikap.
Persamaan dan perbedaan dalam kebiasaan.
Persamaan dan perbedaan dalam pengetahuan/pengalaman.
Persamaan dan perbedaan dalam ciri-ciri jasmaniah.
Persamaan dan perbedaan dalam minat.
Persamaan dan perbedaan dalam cita-cita.
Persamaan dan perbedaan dalam kebutuhan.
Persamaan dan perbedaan dalam kepribadian.
Persamaan dan perbedaan dalam pola-pola dan tempo perkembangan.
Persamaan dan perbedaan dalam latar belakang lingkungan.
       Berbagai persamaan dan perbedaan kepribadian siswa di atas, sangat berguna dalam membantu usaha pengaturan siswa di kelas. Terutama berhubungan dengan masalah bagaimana pola pengelompokan siswa dan penataan tempat duduk dengan metode belajar kelompok guna menciptakan lingkungan belajar aktif dan kreatif, sehingga kegiatan belajar yang penuh dengan kesenangan dan bergairah dapat terlaksana.
       Penempatan siswa kiranya harus mempertimbangkan pula pada aspek biologis seperti: postur tubuh siswa, dimana menempatkan siswa yang mempunyai tubuh tinggi dan atau rendah. Dan bagaimana menempatkan siswa yang mempunyai kelainan dalam arti secara psikologis, misalnya siswa yang hyper-aktif, suka melamun, dan lain-lain.

2.4  Penempatan Tempat Duduk Siswa Sebagai Bentuk Pengelolaan Kelas
       Tujuan utama penataan lingkungan fisik kelas adalah mengarahkan kegiatan siswa dan mencegah munculnya tingkah laku siswa yang tidak diharapkan melalui penataan tempat duduk, perabot, pajangan, dan barang-barang lainnya di dalam kelas. 
       Penataan tempat duduk adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengelola kelas. Karena pengelolaan kelas yang efektif akan menentukan hasil pembelajaran yang dicapai. Dengan penataan tempat duduk yang baik maka diharapkan akan menciptakan kondisi belajar yang kondusif, dan juga menyenangkan bagi siswa.
       Hal ini sesuai dengan pendapat Winzer (Winataputra, 2003: 9-21) bahwa: “Penataan lingkungan kelas yang tepat berpengaruh terhadap tingkah keterlibatan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Lebih lanjut, diketahui bahwa tempat duduk berpengaruh juga terhadap waktu yang digunakan siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan”.
       Sesuai dengan maksud pengelolaan kelas sendiri bahwa pengelolaan kelas merupakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, melalui kegiatan pengaturan siswa dan barang/fasilitas. Selain itu pengelolaan kelas dimaksudkan menciptakan, memelihara tingkah laku siswa yang dapat mendukung proses pembelajaran. Maka dengan demikian pengelolaan kelas berupa penataan tempat duduk siswa sebagai bentuk pengelolaan kelas dapat membantu menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.

BAB III 
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
       Keterampilan pengelolaan kelas perlu dimiliki oleh guru, karena hal ini akan membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran itu sendiri. Pengelolaan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru yang ditujukan untuk menciptakan kondisi kelas yang memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran yang kondusif dan maksimal.
       Pengelolaan kelas ditekankan pada aspek pengaturan (management) lingkungan pembelajaran yaitu berkaitan dengan pengaturan orang (siswa) dan barang/fasilitas. Salah satu bentuk pengelolaan kelas adalah penataan tempat duduk, dimana penataan tempat duduk perlu memperhatikan lingkungan fisik kelas dan juga keanekaragaman karakteristik siswa, serta mempertimbangkan kesesuaian metode yang digunakan dengan tujuan akhir dari pembelajaran itu sendiri.
       Kondisi dan posisi tempat duduk dapat menentukan aktivitas belajar siswa di kelas. Hal tersebut disebabkan karena tempat duduk yang nyaman akan membantu siswa untuk tenang dalam belajar dan dapat pula menimbulkan gairah belajar siswa.

3.2  Saran
       Kiranya perlu menjadi perhatian bagi guru dan bahkan calon pengajar bahwa keterampilan mengelola kelas salah satunya penataan tempat duduk harus dikuasai. Pengelolaan kelas menyangkut kepada menciptakan iklim atau kondisi belajar yang kondusif dan maksimal. Melalui penataan tempat duduk yang tepat diharapkan akan memfasilitasi siswa untuk belajar dengan aktif. Adapun saran yang dapat dilakukan dalam penataan tempat duduk seperti: 
       Menentukan posisi tempat duduk yang disesuaikan dengan metode pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Kondisi baik bentuk, ukuran tempat duduk harus baik dan pas. Menggunakan tempat duduk yang mudah diatur atau diubah-ubah untuk mempermudah merubah posisi tempat duduk. Penempatan siswa sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya, misalnya: menempatkan siswa yang berfostur tinggi di belakang, yang hyper-aktif di depan.

Senin, 24 Oktober 2016

Jenis-jenis Manusia Purba dan Benda-benda Peninggalan Zaman Prasejarah

TUGAS MAKALAH

JENIS-JENIS MANUSIA PURBA DAN BENDA-BENDA PENINGGALAN ZAMAN PRASEJARAH


Disusun Untuk Memenuhi Tugas Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial



Disusun Oleh:
Nama: Nia Narulita
NIS:
Kelas:

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 CISITU, KECAMATAN CISITU, KABUPATEN SUMEDANG
Tahun Pelajaran 2016 / 2017



KATA PENGANTAR



        Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayahNya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kliping ini. Tidak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad S.A.W. Nabi yang telah membawa kita dari alam jahiliyah ke alam yang terang benderang penuh dengan ilmu pengetahuan. Semoga kita termasuk umatnya yang akan mendapatkan syafaatnya besok di hari kiamat. Amin.
       Penyusunan makalah ini kami buat untuk memenuhi tugas kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang diampu oleh ibu Dian Palupi S.Pd. Dan kliping ini berisi tentang contoh, gambar-gambar kehidupan pada zaman prasejarah.
       Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, terutama bagi kami. Kami menyadari bahwa kliping ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan kliping ini.
       Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan kliping ini dari awal sampai akhir. Apabila ada kekeliruan kata atau kalimat, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Cisitu, 7 September 2016
Penyusun
Nia Narulita dkk.



DAFTAR ISI 


Halaman
Kata Pengantar …………………………………………………...............................……………. i
Daftar Isi ………………………………………………………...............................…………….. ii
BAB I PEMBAHASAN 
1.1 Jenis-jenis Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia …..........................................……. 1
1.4 Benda-benda Peninggalan Sejarah Di Indonesia ……………..........................................…… 4
BAB II Kesimpulan Dan Saran
2.1 Kesimpulan ……………………………………………….........................................………. 10
2.2 Saran …………………….........................................………………………………………... 10


BAB I 
PEMBAHASAN

1.1 Jenis-jenis Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia
       
       Manusia Jawa (Homo Erectus Paleojavanicus) adalah jenis Homo Erectus yang pertama kali ditemukan. Pada awal penemuannya, makhluk mirip manusia ini diberi nama ilmiah Pithecanthropus Erectus oleh Eugene Dubois, pemimpin tim yang berhasil menemukan fosil tengkoraknya di Trinil pada tahun 1891. Nama Pithecanthropus Erectus sendiri berasal dari akar bahasa Yunani dan Latin dan memiliki arti manusia kera yang dapat berdiri.
       Ketika itu, Eugene Dubois tidak berhasil mengambil fosil Pithecanthropus secara banyak melainkan hanya tempurung tengkorak, tulang paha atas, dan tiga giginya saja. Dan sampai saat ini, belum ditemukan bukti yang jelas bahwa ketiga tulang tersebut berasal dari spesies yang sama.
Sebuah laporan berisi 342 halaman ditulis pada waktu itu tentang keraguan validitas penemuan tersebut. meskipun demikian manusia Jawa masih dapat ditemukan di buku-buku pelajaran saat ini. Fosil yang lebih lengkap kemudian ditemukan di Desa Sangiran (Jawa Tengah), sekitar 18 km ke utara dari kota Solo. Fosil berupa tempurung tengkorakmanusia ini ditemukan oleh Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald, seorang ahli paleontologi dari Berlin, pada tahun 1936. Selain fosil banyak pula penemuan-penemuan lain di situs Sangiran ini.
       Sampai temuan manusia yang lebih tua lainnya ditemukan di Great Rift Valley (Kenya), temuan Dubois dan von Koenigswald merupakan manusia tertua yang diketahui. Temuan ini juga dijadikan rujukan untuk mendukung teori evolusi Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace. Banyak ilmuwan pada saat itu yang juga mengajukan teori bahwa Manusia Jawa mungkin merupakan mata rantai yang hilang antara manusia kera dengan manusia modern saat ini. Saat ini, antropolog bersepakat bahwa leluhur manusia saat ini adalah Homo erectus yang hidup di Afrika.
    
       Seorang kartunis Brazil Mauricio de Sousa, terinspirasi oleh nama ilmiah manusia Jawa, menciptakan karakter Pitheco, atau lengkapnya Pithecanthropus erectus da Silva.
Penemuan Lainnya:
a. Nama Fosil: Pithecanthropus Erectus
Tempat ditemukan: Desa Trinil di pinggir
sungai Bengawan Solo di dekat Ngawi, Provinsi Jawa Timur.
Nama Penemu: Dr. Eugene Dubois
Tahun ditemukan: 1890
Keterangan: Fosil ini dikenal juga dengan sebutan Manusia Jawa dan merupakan jenis manusia purba yang pertama kali ditemukan di Indonesia.


b. Nama Fosil: Pithecanthropus Mojokertensis
Tempat ditemukan: Daerah Perning, Mojokerto, Jawa Timur.
Nama Penemu: Duyfjes dan Von Koenigswald
Tahun ditemukan: 1936
Keterangan: Fosil ini berupa tengkorak anak-anak yang berusia sekitar 6 tahun dan diperkirakan hidup sekitar 1,9 juta tahun yang lalu.


c. Nama Fosil: Meganthropus Palaeojavanicus
Tempat ditemukan: Sangiran, daerah Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
Nama Penemu: Von Koenigswald
Tahun ditemukan: Antara tahun 1936 – 1941
Keterangan: Fosil ini lebih besar dan lebih tegap daripada Pithecanthropus Erectus. Usianya diperkirakan paling tua diantara jenis manusia purba yang lain di Indonesia.


d. Nama Fosil: Homo Soloensis
Tempat ditemukan: Daerah Ngandong, Blora, Provinsi Jawa Tengah
Nama Penemu: Ter Haar, Oppenoorth, Von Koenigswald
Tahun ditemukan: Antara tahun 1931 – 1933
Keterangan: Fosil ini tingkatannya lebih tinggi daripada Pithecanthropus Erectus.


e. Nama Fosil: Homo Wajakensis
Tempat ditemukan: Daerah wajak, Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.
Nama Penemu: B.D. van Rietschoten
Tahun ditemukan: 1889
Keterangan: Sebenarnya fosil ini lebih dahulu ditemukan daripada Pithecanthropus Erectus, tetapi pada saat itu belum dipublikasikan. Diduga jenis fosil manusia purba ini memiliki peradaban yang lebih tingggi daripada jenis manusia purba yang lainnya di Indonesia.


1.2 Benda-benda Peninggalan Sejarah Di Indonesia
       Zaman prasejarah tidak meninggalakn bukti-bukti berupa tulisan. Zaman prasejarah hanya meninggalkan benda-benda atau alat-alat hasil kebudayaan manusia. Peninggalan seperti itu disebut artefak. Artefak dari zaman prasejarah terbuat dari batu (Zaman batu atau teknologi zaman batu), tanah liat dan perunggu. Berikut ini peninggalan zaman prasejarah di Indonesia:


Gmbr-1. Kapak Genggam
       Disebut juga dengan kapak Perimbas. Alat ini berupa batu yang dibentuk menjadi semacam kapak. Teknik pembuatannya masih kasar, bagian tajam hanya pada satu sisi. Alat tersebut belum bertangkai, dan digunakan dengan cara digenggam. Tempat ditemukannya antara lain di Lahat Sumatera Selatan, Kalianda Lampung, Awangbangkal Kalimantan Selatan, Cabbenge Sulawesi Selatan dan Trunyan Bali.


Gmbr-2. Alat Serpih
       Merupakan batu pecahan sisa pembuatan kapak genggam yang dibentuk menjadi tajam. Alat tersebut berfungsi sebagai serut, gurdi, penusuk atau pisau. Tempat ditemukannya di Punung, Sangiran, dan Ngandong (lembah sungai Bengawan Solo), Gombong Jawa Tengah, Lahat, Cabbenge, dan Mengeruda Flores NTT.


Gmbr-3. Sumatralith
       Nama lainnya adalah kapak genggam Sumatera. Teknik pembuatannya lebih halus dari kapak perimbas. Bagian tajama sudah di kedua sisi. Cara menggunakannya masih digenggam. Tempat ditemukannya di Lhokseumawe Aceh dan Binjai Sumatera Utara.



Gmbr-4. Beliung Persegi
       Merupakan alat denganpermukaan memanjang dan berbentuk persegi empat. Seluruh permukaan alat tersebut telah digosok halus. Sisi pangkal diikat pada tangkai, sisi depan diasah sampai tajam. Beliung persegi berukuran besar berfungsi sebagai cangkul. Sedangkan yang berukuran kecil berfungsi sebagai alat pengukir rumah atau pahat. Tempat ditemukannya di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi.


Gmbr-5. Kapak Lonjong
       Merupakan alat berbentuk lonjong. Seluruh permukaan alat tersebut telah digosok halus. Sisi pangkal agak runcing dan diikat pada tangkai. Sisi depan lebih melebar dan diasah sampai tajam. Alat ini digunakan untuk memotong kayu dan berburu. Ditemukan di Sulawesi, Flores, Tanimbar, Maluku, dan Papua.


Gmbr-6. Mata Panah
       Merupakan alat berburu yang sangat urgent. Selain untuk berburu, mata panah digunakan untuk menangkap ikan, mata panah dibuat bergerigi. Selain terbuat dari batu, mata panah juga terbuat dari tulang. Ditemukan di Gua Lawa, Gua Gede, Gua Petpuruh (Jawa Timur), Gua Cakondo, Gua Tomatoa Kacicang, Gua Saripa (Sulawesi Selatan).


Gmbr-7. Alat Dari Tanah Liat / Gerabah
       Alat dari tanah liat antara lain Gerabah, alat ini dibuat secara sederhana, tapi pada masa perdagangan alat tersebut dibuat dengan teknik yang lebih maju.


Gmbr-8. Bangunan Megalithik
       Bangunan megalithik adalah bangunan-bangunan yang terbuat dari batu besar didirikan untuk keperluan kepercayaan. Untuk detailnya yaitu sebagai alat untuk disembah dalam kepercayaan.


Gmbr-9. Kapak Persegi
       Kapak persegi nerupakan alat yang terbuat dari batu dan digunakan oleh manusia purba untuk mencangkul, memahat, dan berburu. Alat ini terbuat dari berbentuk segi empat yang kedua sisinya diasah halus. Pada salah satu sisi pangkal, ada bagian berlubang untuk tangkai. Sementara pangkal lainnya adalah bagian yang tajam. Alat ini banyak ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, hingga Sulawesi.


Gmbr-10. Kapak Lonjong
       Kapak lonjong merupakan kapak yang bentuknya lonjong. Pangkal kapak tersebut lebar dan tajam, sedangkan ujungnya runcing dan diikatkan pada gagang. Alat ini terbuat dari batu yang telah diasah hingga halus. Kapak lonjong pernah ditemukan di Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.


Gmbr-11. Menhir
       Menhir merupakan tugu batu yang tinggi. Diperkirakan menhir digunakan sebagai tempat pemujaan oleh manusia prasejarah.


Gmbr-12. Dolmen
       Dolmen adalah meja yang terbuat dari batu, diperkirakan digunakan sebagai tempat penyimpanan sesaji untuk sesembahan manusia prasejarah.


Gmbr-13. Sarkofagus
Sarkofagus adalah peti mati yang terbuat dari batu.


Gmbr-14. Arca
Arca adalah batu yang dibentuk hingga menyerupai makhluk hidup tertentu.


Gmbr-15. Bejana Perunggu
       Bejana perunggu adalah benda yang terbuat dari perunggu. Bentuknya mirip dengan gitar spanyol tanpa gagang. Alat ini hanya ditemukan di dua tempat yaitu Madura dan Sumatera.


Gmbr-16. Kapak Corong
       Kapak corong adalah kapak yang terbuat dari perunggu dan bentuk bagian atas mirip dengan corong. Alat ini pernah ditemukan di Jawa, Bali, Sulawesi, dan Papua.


BAB II 
 KESIMPULAN DAN SARAN

3.1 Kesimpulan
       Dari hasil pembahasan tentang jenis-jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia dan benda-benda peninggalan sejarah di Indonesia, maka diambil kesimpulan:
  1. Dengan ditemukannya fosil manusia dan benda-benda peninggalan prasejarah, dapat dipastikan bahwa itu benar. Manusia yang sekarang ada melalui tahap evolusi seperti halnya dalam teori Charles Darwin.
  2. Kebenaran memang tidak akurat, berhubung para ahli hanya memperkirakan dengan ukuran waktu jutaan tahun yang lalu.

3.2 Saran
  • Untuk mengetahui dan mempelajari zaman prasejarah alangkah baiknya kita mencari sumber buku atau artikel yang benar dan lengkap. Karena penemuan-penemuan para ahli tidak dijelaskan secara detail dan juga masih diragukan berhubung kurang lengkapnya data.